Penanganan Pertama Apabila Digigit Anjing

Tetap Tenang
Anjing merupakan hewan pemburu/predator alami yang dapat mengenali mangsa yang lemah atau takut. Karena itu apabila dikejar anjing, usahakan tidak lari atau berteriak karena biasanya anjing akan mengejar kita apabila kita berbuat demikian karena dia merasa terganggu. Berusahalah untuk berjalan dengan tenang apabila melewati anjing dan jangan berlari walaupun anjing tersebut menggonggong anda.
Mungkin agan2 dan terutama aganwati2 merasa takut dan jijik terhadap gigitan dan jilatan anjing sehingga mencoba lari. Anjing tidak akan mengejar anda kecuali anda cukup sial bertemu dengan anjing gila. Anjing gila akan mengejar anda walaupun anda tidak berbuat apa2. Tetapi jumlah anjing gila di Indonesia, terutama di pulau Jawa sangatlah kecil karena anjing gila hanya memiliki waktu 2 minggu pada fase dimana dia galak dan suka menggigit sebelum dia mati (menurut temen ane yang dokter hewan) dan jumlah anjing di Jawa juga sangat sedikit. Agan hanya harus berhati-hati apabila sdang berada di Bali.
Tetapi apabila anda cukup sial dan digigit anjing anda juga jangan diam saja. Lebih baik anda berusaha untuk menendang kepala atau lehernya dari bagian samping. Lebih baik melawan daripada diam saja bukan? Walaupun ini memang cukup susah untuk dilakukan.

Oleskan Deterjen
Apabila anda sudah terlanjur digigit, segera oleskan deterjen. Deterjen merupakan bahan yang sangat baik untuk membunuh kuman, jauh lebih baik daripada sabun mandi. Tapi memang kulit anda mungkin akan terasa panas bahkan dapat terkelupas apabila kulit anda termasuk kulit sensitif karena deterjen memang tidak dibuat untuk dipakai ke kulit manusia.

Oleskan Alkohol
Alkohol memang sudah lama dikenal sebagai pembunuh kuman yang efektif. Selain itu alkohol juga tidak berbahaya ke kulit manusia. Anda sebaiknya menggunakan alkohol 96% yang memang biasa digunakan untuk pembersih luka. Tetapi apabila tidak ada, anda dapat menggunakan bahan lain yang mengandung alkohol, seperti pembersih muka bahkan minuman beralkohol. Cewek ane kemarin ane kasih wiski karena kebetulan bahan beralkohol yang ada di kamar ane cuma itu, dan kandungannya juga cukup tinggi, 40 %.

Segera ke Dokter
Anda memang belum pasti terkena rabies tetapi anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter, minimal untuk penanganan luka gigitan tersebut. Anda dapat memeriksa anjing yang telah menggigit anda, apakah dia terkena rabies atau tidak. Anjing yang terkena rabies dapat dilihat dari sifatnya agresif, tampangnya yang galak, suka menggeram, dan ekornya berada di bawah diselipkan di antara kedua kaki belakang (seperti anjing atau hewan yang takut). Anjing yang terkena rabies juga akan mati maksimal 2 minggu setelah terjangkit sehingga anda dapat mengeceknya karena penyebaran rabies pada manusia jauh lebih lambat, bisa sampai setahun

0 comments: